Kamis, 10 Desember 2009

Nikmatnya "Samosa India" ituh..

Kemaren minggu aku lagi rapat tentang persiapan KEJURNAS PO di Lumajang yg akan berlangsung beberapa hari lagi.Dan seperti biasa saat rapat ada konsumsi,lah mbak Dinda -yang ketempatan rapat- ngeluarin cemilan yang bikin aku penasaran untuk menikmati nya. Aku cemil sekali kok enak?,aku cemil yang kedua,kok tambah enak yo?,lalu aku tanyakan "Ini apa mbak?",mbk Dinda bilang itu Samosa dek makanan dari Arab eh kalo gak India,lalu tanya kepada Mas Hai,India.

Ding Dong...... seperti yang udah2... saat rapat,,,ada konsumsi,kira2 apa yang aku lakukan??
hohohoho...nyemil dunkz...jadi dengerin mas haikal ngomong sambil otak mikir permasalahannya sambil tangan ambil samosa lalu masukkin dalam mulut,lalu dikunyah lalu ditelan,lalu minum es sirupnya... hehehehehe...

Tergelitik dengan penasaran,gimana buat samosa,esok nya di kantor aku search deh.Resep bikin Samosa...
Aslinya Samosa tuh kayak martabak dalam packaging mini pakai kulit pangsit. **Wedew,,perut konser!!!**
Ini resep Samosa search dari berbagai sumber sambil diedit krn ada bahan2 yg gak aku suka.



Bahan:
► 1 bungkus kulit samosa siap pakai (banyak dijual di toko India atau Pakistan)
► 500 gram daging mince/cincang ayam (boleh juga daging kambing atau sapi sesuai selera)
► 2 siung bawang putih, iris tipis
► 1 buah bawang Bombay ukuran sedang, cincang halus
► 1 sendok teh ketumbar bubuk
► 2 sdt bumbu kari bubuk
► garam secukupnya
► minyak untuk menumis
► minyak untuk menggoreng
► 100 ml air

Cara membuat:

Bahan isi:
► panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang Bombay sampai layu
► masukkan daging mince, aduk rata, tambahkan air, didihkan
► tambahkan garam dan semua bumbu bubuk, aduk rata dan masak dengan api
kecil sampai bumbu meresap dan daging matang

Penyelesaian:

► ambil selembar kulit samosa, lipat membentuk segitiga sesuai petunjuk
► masukkan 1 sendok makan bahan isi
► rekatkan lipatan kulit samosa dengan olesan air, agar bahan isi tidak keluar saat digoreng
► goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan
► angkat dan tiriskan

Untuk 40 potong

0 komentar:

 
Ratih "Mblem" Ayuningtyas © 2007 *Feito por Templates para Você* © 2009 *Edited by Ranayuningtyas*